INFORMASI

YAYASAN PERGURUAN SUTOMO MEDAN sampai saat ini tidak mendirikan atau mengelola UNIVERSITAS apapun, jadi hanya mulai dari PG-TK-SD-SMP-SMA saja. Jika ada pihak-pihak diluar yang mengatasnamakan YAYASAN PERGURUAN SUTOMO dalam mengelola UNIVERSITAS itu jelas bahwa pihak-pihak tersebut bukan dari YAYASAN PERGURUAN SUTOMO.  Demikian disampaikan agar maklum.

Jeff Ivanos Gana, Siswa SD Sutomo 1 yang telah menjadi siswa SMP Sutomo 1 mulai bulan Juli 2012, kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Pada tanggal 23-28 Juli 2012 yang lalu di Taipei, Taiwan, pada Taiwan International Mathematics Competition (TAIMC), Jeff Ivanos menyumban
gkan medali perak kategori Individu untuk bidang studi Matematika. Pada kategori team competition, memperoleh second runner up dan pada Group contest memperoleh second runner up team. Dalam waktu yang tidak jauh beda pada tanggal 4-6 Agustus 2012, Jeff Ivanos kembali mengikuti International Mathematics Contest (IMC) di Singapura dan memperoleh Medali perak.

Adapun Catatan Prestasi Internasional yang telah berhasil diraih oleh Jeff Ivanos Gana sebagai berikut:

1. Medali perak pada International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2011 di Nagacity, Philipina tanggal 2-6 September 2011

2. Medali Emas pada Wizard at Mathematics International Competition (WIZMIC) 2011 di Lucknow, India tanggal 21-25 Oktober 2011

3. 1st prize (setara emas) pada pertandingan Blitz dan medali perunggu pada The 15th Edition of the Clock Tower Mathematics Contest di RM. Valcea, Rumania tanggal 23-25 Maret 2012

4. Medali Perak pada Taiwan International Mathematics Competition (TAIMC) 2012 di Taipei, Taiwan tanggal 23-28 Juli 2012

5. Medali Perak pada International Mathematics Contest (IMC) 2012 di Singapura tanggal 4-6 Agustus 2012

Congratulations to catherine charles (6D), Vittorio Alison (5J), Thalia Sebastian (6D) for achieving 2 gold medals math and 1 gold medal science plus the best experiments for science and the best explore for math in Olimpiade Sains Nasional tgl 2-7 September 2012 di jakarta

Siswa-siswi SD Sutomo 1 kembali menorehkan prestasi. Kali ini dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2012 yang diselenggarakan pada tanggal 2-7 September 2012 di Jakarta, Siswa-siswi SD Sutomo 1 berhasil meraih 3 (tiga) emas dan 2 (dua) buah tropi penghargaan.
Melalui pengumuman peraih medali pada tanggal 6 September 2012 malam, siswa-siswi SD Sutomo 1 yang berhasil meraih medali antara lain:
1. Catherine Charles (kelas 6D), peraih medali emas sekaligus tropi penghargaan The Best Explore bidang studi matematika
2. Vittorio Alison (Kelas 5 J), peraih medali emas bidang studi matematika
3. Thalia Sebastian (kelas 6D), peraih medali emas sekaligus tropi penghargaan The Best Experiment bidang studi IPA
Dari Total 6 siswa Sekolah Dasar ( 3 siswa bidang studi matematika dan 3 siswa bidang studi IPA) yang dikirim ke Jakarta mewakili Sumatera Utara, 5 orang siswa di antaranya berhasil membawa pulang medali dengan perincian sebagai berikut: 2 emas dan 1 perak untuk bidang studi Matematika; 1 emas dan 1 perak untuk bidang studi IPA. Tambahan tropi penghargaan "The Best Explore" untuk bidang studi matematika dan tropi penghargaan "The Best Experiment" untuk bidang studi IPA.
Medan, (Analisa). SMA Sutomo 1 Medan tampil sebagai juara Kejuaraan Basket Putra ISTP Cup VI/2012, setelah di final mengalahkan SMA Wahidin dengan skor 74-61 yang berlangsung Kamis (6/9) di lapangan Kampus ISTP Jalan DR TD Pardede Medan.

Pada laga final yang dipimpin wasit Ginto dan Ferry itu berlangsung dalam tempo cepat. SMA Sutomo 1 yang diperkuat pemain utama dan pemain penggantinya seperti Fernando, Davin, Jacky Wijaya, Andrew Wijaya, Christopher, Reynaldo, Frederick Wijaya, Melvin, David, Tommy, Anthony dan Albert unggul 41-37 pada paruh waktu pertama.

Tertinggal empat angka membuat Wahidin yang mengandalkan pemain Tony, Andy, Calvin, Felix, Donny, Jerry Gunawan, Andreas, Tommy Halim, Wendy dan Humbert berupaya mengejar ketinggalan. Namun lini pertahanan Sutomo 1 cukup tangguh hingga akhirnya menutup kemenangan 74-61.

Dengan hasil tersebut, SMA Sutomo 1 yang dibesut manajer tim Drs Johan Arifin, asisten manajer tim Handy Sunandi, pelatih Suwandy Winarto dan asisten pelatih Heru Minardi Lautan berhasil memboyong ISTP Cup dari juara ISTP Cup V/2010 yang diraih SMA Methodist 2 Medan.

Pada laga sebelumnya, SMA Husni Thamrin merebut posisi ketiga setelah mengalahkan SMA Harapan Mandiri dengan skor 68-49.

Kejuaraan basket yang ditutup Rektor ISTP Drs. Syamsulsyah Lubis MM itu diikuti 11 tim yakni Sutomo 1, Sutomo 2, Methodist 2, Wiyata Dharma, Chandra Kusuma, SMAN 3, Wahidin, Tri Murni, Prime One School, Husni Thamrin dan Harapan Mandiri. (td)

Medan, (Analisa). Tuan rumah SMA Sutomo 1 dan STMIK TIME tampil sebagai juara Turnamen Basket Markizza Cup 2012 yang berakhir Senin (23/7) malam di lapangan Perguruan Sutomo Jalan Thamrin Medan.

SMA Sutomo 1 merebut gelar juara setelah di final menundukkan SMA Methodist 2 dengan skor telak 84-39.

Tim besutan manager tim Drs Johan Arifin, asisten manajer Handy Sunandy, pelatih Suwandy Winarto/Wan Lie dan asisten pelatih Heru Minardi Lautan itu unggul pada segala lini sejak kuarter pertama.

Skuad SMA Sutomo 1 itu diperkuat Reynaldo Harlie (kapten tim), Fernando Sutanto, Jackly Wijaya, David Winata, Tommy Chrystian, Christopher Stephan Tenady, Andrew Hendrawan Wijaya, Albert Wijaya, Frederick Wijaya, Kevin Chang, Melvin Wirjono dan Davin Anderson.

Sedangkan STMIK TIME tampil sebagai juara setelah unggul atas Perguruan Tinggi Eka Prasetya dengan skor tipis 75-72t.

Dipimpin wasit Gindo dan Ferry, TIME yang diperkuat pemain Fiki, Chandra, Mechael, Ricky Kosasih, Suwandi, Andy Jatmiko, Hendrik, Finkel, Basyir, Vincent Fulvian, Nicky dan Jimmy Syahputra unggul pada kuarter pertama dengan selisih 16-12.

Pada kuarter kedua, Perguruan Tinggi Eka Prasetya yang mengandalkan Sudyanto, Hendra, Julio, Yuharsan, Steven, Freddy, Handy, Richard, Edwin, William Cuaca, Surya dan Riche bermain kompak sehingga berbalik memimpin 37-32.

Pada kuarter ketiga, Perguruan Tinggi Eka Prasetya yang dibesut tim manajer Indra Wijaya, Pelatih Eric Cendana berupaya mempertahankan keunggulan. Namun TIME ternyata bermain cukup akurat sehingga unggul satu angka 58-57.

Kejar mengejar angka kembali terjadi pada kuarter keempat. Kedua tim yang sama-sama berambisi meregut gelar juara bermain ngotot sehingga terjadi beberapa kali foult yang membuat salah seorang pemain Eka Prasetya keluar karena terkena foult-out. Kesempatan itu dipergunakan TIME yang dibesut pelatih Hidayata Natasasmita itu untuk menambah angka hingga akhirnya menutup kemenangan dengan skor akhir 75-72. Sementara itu, posisi ketiga kategori pelajar diraih SMA Harapan Mandiri, sedangkan peringkat ketiga kategori perguruan tinggi direbut Cendana.

Selain mendapat uang pembinaan, para finalis juga berhak atas kostum dan 2 pc bola basket untuk masing-masing tim.

Acara penutupan dikemas dengan spektakuler sehigga membuat suasana pemberian hadiah menjadi lebih semarak dan pemenang cukup puas dengan pagelaran tersebut.

Pada acara penutupan itu dihadiri anggota DPRD Sumut Brilian Moktar SE MM selaku penasehat Pengprov Perbasi Sumut yang juga Ketua Pembina Perguruan Tinggi Eka Prasetya, Wakil Ketua Umum Pengrov Perbasi Sumut Andy Irawan dan Direktur PT Maju Jaya Pohon Pinang Tjokro Suminto.

Selain itu Turnamen Basket Markizza Cup 2012 juga menggelar dance competition. Tampil sebagai juara dance competition SMA Husni Thamrin, runner-up SMA Sutomo 2 dan posisi ketiga SMA Dr Wahidin.

Panitia juga melakukan pemilihan tim favorit melalui pilihan "Like Facebook" terbanyak yang diraih SMA Sutomo 1 disusul Husni Thamrin. (td)

Medan, (Analisa). Seperti yang diprediksi sebelumnya SMA Sutomo 1 tampil sebagai juara putra dan SMA Dr Wahidin Sudirohusodo merebut gelar putri Honda Development Basketball League (DBL) 2012 North Sumatera Series yang berakhir Sabtu (25/2) di di GOR Samudera, Jalan Pancing Medan Estate.

Tim putra SMA Sutomo 1 tampil sebagai juara setelah di final mencatat kemenangan atas musuh bebuyutannya SMA Methodist 2 dengan skor 84-64. Sedangkan tim puteri SMA Wahidin membukukan kemenangan telak atas SMAN 5 dengan skor telak 64-36.

Laga final putra yang dipimpin wasit Erwin Harahap, Hendra Bule dan Joseph berlangsung kurang berimbang pada kuarter awal. Sutomo 1 yang menurunkan starter Tommy Christian, Frederick Wijaya, Jacky Wijaya, Christopher Stevent dan Reynaldo Harlie sebagai kapten tim langsung menerapkan permainan cepat dan menekan daerah pertahanan SMA Methodist 2.

Strategi itu terbukti efektif, kubu Methodist 2 kewalahan dan Sutomo 1 yang dibesut manajer tim Drs Johan Arifin, asisten tim manajer Handy Sunandi, pelatih Suwandy M dan asisten pelatih Heru M Lautan itu unggul pada kuarter pertama dengan 23-4.

Tertinggal cukup jauh, membuat SMA Methodist 2 yang mengandalkan Cakra Pratama Gulo, David Andrian Tumun, Wilson, Fransisco Enrico, Colin Maximilian Halim dan Nicholas CL sebagai kapten tim tetap semangat mengejar ketinggalan. Pada kuarter ini tim besutan manajer tim J Manurung STh, asisten D Sembiring dan pelatih Jenny hanya menambah lima angka. Sedangkan Sutomo tetap memimpin 51-9.

Pada kuarter ketiga, pelatih Alumni Sutomo Suwandy menarik menurunkan pemain lapis lainnya diantaranya Fernando Susanto, Jacky Wijaya, David, Albert Wijaya, Rabhi Bernard dan Melvin Wirsono. Permainan sempat berimbang selama enam menit. Methodist 2 menambahkan 21 angka, namun Alumni Sutomo masih tetap memimpin 68-30.

Formasi pemain Sutomo 1 tetap dipertahankan pada awal kuarter keempat. Pertarungan kembali berimbang hingga Sutomo 1 menutup kemenangan 84-54.

Usai pertandingan tim manajer Sutomo 1, Drs Johan Arifin menyatakan gembira dengan hasil yang diukir anak didiknya pada DBL tahun ini. "Persiapan menghadapi DBL cukup matang, akhirnya anak-anak bisa melakukan revans terhadap dua tim terbaik yakni Methodist 2 dan Wahidin," ujar Kordinator Perguruan Sutomo Medan tersebut.

Partai final tersebut juga disaksikan Ketua Umum Pengprov Perbasi Sumut Mathias Huangdinata SH dan Sekum Darsen Song, Leo Wijaya dari Indako dan manajer Alumni Sutomo RusliAbeng.

Pada DBL 2012 North Sumatera Series itu, Panpel juga telah menetapkan 10 pemain Sumut terdiri atas lima putra dan putri serta dua pelatih yang akan mengikuti training champ di home bas DBL di Surabaya yakni Poppy (SMAN 5), Meilawati (Wahidin), Raisa (SMAN 5), Nurul (SMKN 7), Dara (SMAN 5) serta pelatih Dani (SMKN 7.

Sedangkan putra yakni Andy (Wahidin), Reynaldo Harlie (Sutomo 1), Christopher (Sutomo 1), Nicolas (Methodist 2) dan Harianto Wijaya (Methodist 2) serta pelatih Mario (SMAN 5). (td)

Adrian Nugraha UtamaMedan, (Analisa). Untuk kesekian kalinya prestasi terbaik ditorehkan oleh siswa SMA Sutomo 1 Medan dalam ajang International Physics Olympiad (IPhO) ke -43 yang berlangsung di Estonia, 15-24 Juli 2012. Tahun ini prestasi tersebut diraih oleh Adrian Nugraha Utama.

Event ini merupakan event Internasional resmi yang paling bergengsi di bidang ilmu Fisika dunia, dimana semua siswa peserta merupakan hasil seleksi dari masing-masing negara sebelum tampil di ajang IPhO tersebut."Keberhasilan siswa Sutomo pada ajang IPhO ini membuktikan prestasi nyata dari kita. Bukan tahun ini aja siswa Sutomo bisa berhasil medali emas. Sejak puluhan tahun lalu, siswa kita terus meraih emas pada ajang yang bertaraf Internasional," ujar Kepala Sekolah SMA Sutomo 1 Medan, Ir Khoe Tjok Tjin kepada Analisa, Kamis (2/8).

Sebelum keberhasilan Adrian, tercatat pada tahun 2009, Ady Suwardi juga berhasil meraih emas pada ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA), begitu juga dengan Rudi Handoko Tanin yang dua kali meraih emas pada ajang APhO di Shanghai, China tahun 2007 dan ajang IPhO di Hanoi, Vietnam tahun 2008.

Selengkapnya...

Prestasi terbaik kembali ditorehkan oleh siswa Indonesia pada ajang International Physics Olympiad (IPhO) ke-43 yang berlangsung di Estonia, 15 – 24 Juli 2012 dan harus bersaing dengan 84 negara peserta lainnya. Tim Indonesia (TOFI) berhasil meraih satu medali emas,  satu medali perunggu, dan tiga perolehan Honorable Mention. Kemenangan ini menunjukkan bahwa tim Indonesia mampu berbicara banyak dalam bidang ilmu fisika di tingkat internasional dan keberhasilan mereka memberi dampak positif bagi siswa-siswa SMA seluruh Indonesia untuk lebih mencintai ilmu tersebut.

Kedatangan tim disambut oleh Kasi Kelembagaan Dra. Hastuti Mustikaningsih dan Kasi Peserta Didik Arfah laidiyah Razik SH MA di ruang kedatangan internasional Bandara Soekarno Hatta, Rabu (25/07) malam. Satu-satunya medali emas berhasil diraih oleh Adrian Nugraha Utama, siswa SMA Sutomo I Medan. Sedankan satu perunggu diraih oleh Luqman Fathurrahim siswa dari SMAN Sragen Bilingual Boarding School, Jawa Tengah. Dan tiga penghargaan lainnya berupa Honorable Mention masing-masing di raih oleh Ramadhiansyah siswa SMAN 78 Jakarta, I Made Gita Narendra Kumara siswa SMA Bali Mandara, dan Werdi Wedana Gunawan dari SMAN 4 Denpasar.

 

Selengkapnya...