INFORMASI

YAYASAN PERGURUAN SUTOMO MEDAN sampai saat ini tidak mendirikan atau mengelola UNIVERSITAS apapun, jadi hanya mulai dari PG-TK-SD-SMP-SMA saja. Jika ada pihak-pihak diluar yang mengatasnamakan YAYASAN PERGURUAN SUTOMO dalam mengelola UNIVERSITAS itu jelas bahwa pihak-pihak tersebut bukan dari YAYASAN PERGURUAN SUTOMO.  Demikian disampaikan agar maklum.

hut59Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 59 Yayasan Perguruan Sutomo ber­lang­sung sangat meriah. Para siswa dan guru saling berpartisipasi mengisi acara. Kemeriahan semakin lengkap tatkala, Ketua Umum Ikatan Alumni Sutung/Sutomo, Supandi Kusuma bersama pengurus lainnya ikut hadir.

Kepala SMA Sutomo 1 Medan, Ir. Khoe Tjok Tjin mengatakan, perayaan HUT Yayasan Perguruan Sutomo dirangkaian dengan menggelar Pekan Prestasi Siswa Sutomo 1 dan telah menjadi agenda rutin dengan tujuan menjalin kerjasama dan membangun sikap sportif para siswa untuk menca­pai prestasi yang tinggi di semua segi ke­hidupan, baik akademis, seni, olah­raga dan kreativitas lainnya.

“Setiap siswa, setiap kelas, setiap tingkatan berlomba-lomba dan berusaha keras mencapai prestasi untuk menjadi yang terbaik dalam setiap persaingan sehingga menjadi kebanggaan tersendiri baik individu, kelompok maupun kelasnya,” katanya.

Di bidang akademis, dan ilmu pe­ngetahuan. Patut dibanggakan, pres­tasi siswa-siswi Sutomo telah meng­ha­rumkan nama sekolah, mem­bang­gakan kota Medan, provinsi Sumatera Utara bahkan sanggup mengibarkan panji-panji merah putih di kancah interna­sional.

“Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan siswa-siswi yang turut berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Prestasi Siswa Sutomo 1 karena hari ini di­berikan penghargaan bagi para pe­me­nang, para jawara yang berjuang dalam berbagai bentuk perlombaan yang diselenggarakan di Sutomo,” ucap Khoe Tjok Tjin.

Dia menambahkan, awal tahun 2017, Su­tomo 1 telah meluncurkan bulletin di­gital yang diberi nama E-Buletin Su­tomo. Tujuannya adalah sebagai media informasi resmi semua ben­tuk kegiatan sekolah kepada siswa Sutomo 1 Medan. Selain itu, penerbitan E-Buletin Sutomo juga untuk melatih siswa-siswi Sutomo agar lebih terampil dalam kegiatan menulis dalam bentuk apapun.

Ketua Umum Ikatan Alumni Su­tung/Su­tomo, Supandi Kusuma me­ngaku sa­ngat senang bisa hadir di te­ngah-tengah peringatan HUT ke 59 Pe­rguruan Sutomo. Sebagai alumni 1962, dirinya mengucap­kan selamat kepada pembina, pengawas, pengurus ya­yasan, kepala sekolah, guru dan adik-adik kelas di YP Sutomo Medan.

Dia juga memperkenalkan diri se­bagai Pemimpin Umum Harian Analisa dan menjalakan beberapa perusahan me­dia di Medan, serta menjabat Ketua Umum PB Wushu Indonesia. Sebuah cabang olahraga yang paling muda di In­donesia tetapi kiprahnya sangat di­per­hitungkan dan membanggakan karena prestasi di dunia internasional. “Wushu merupakan cabang olahraga yang dihandalkan di Indonesia dan satu yang sangat membanggakan adalah penghargaan dari pemerintah kepada olahraga Wushu dengan menghadirkan Jalan Wushu sebagai pengganti nama Jalan Plaju yang merupakan alamat padepokan Yayasan Kusuma Wushu Indonesia berada,” ucapnya yang disambut aplaus para hadirin.

Sebagai Pembina olahraga, yang juga alumni Sutung/Sutomo, bahkan ayah­nya, almarhum Hadi Kusuma atau lebih dikenal Mr Khu Peng Huat pernah men­jabat sebagai Wakil Ketua Yayasan Perguruan Sutomo sejak 1958 hingga akhir hayatnya. Maka, dirinya ingin memprioritaskan siswa-siswi Per­gu­ruan Sutomo untuk dilatih oleh atlit wushu pilihan dalam program Wushu Goes To School yang digagas oleh Chris John. Petinju Indonesia yang terkenal juga mantan atlit Wushu dan kini di­angkat sebagai Duta Wushu Indonesia.

Supandi Kusuma menambahkan, di­rinya telah dipercaya selama 4 periode me­mimpin Ikatan Alumni Sutung/Su­tomo Medan. Organisasi ini adalah wa­dah bagi semua alumni, baik alumni dari Sutung High School, yang rata-rata sudah berusia di atas 70 tahun. Mau­­­pun tamatan dari Sutomo yang ma­sih muda beli dan mempunyai semangat tinggi. “Perguruan Sutomo dan alumni­nya laksana ibunda dan anak-anaknya tak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Saya berharap agar semua tamat Sutomo ber­sedia bergabung ke wadah alumni kita ini sehingga ke depan ikatan se­makin kuat dan kokoh,” ajaknya.

Usai memberikan sambutan dan me­nyerahkan replika tugu lonceng kepada Ya­yasan Perguruan Sutomo, Supandi Ku­suma bersama Pembina Yayasan Per­gu­ruan Sutomo yang hadir antara lain Amin Wijaya, Airiaty Suantio, Irianto Wijaya, Pengawas Yayasan Drs Johan Arifin, dan para pengurus Ya­ya­san Erlina, Miko Halim dan Sunarti serta kepala sekolah dan Pengurus Ika­tan Alumni membuka selubung lukisan ka­ligrafi.

Acara HUT ini dirangkaikan dengan pe­motongan kue, pelepasan balon, pe­nam­pilan siswa mulai TK, SD, SMP dan SMA Sutomo 1 dan Sutomo 2. Ser­ta pembagian medali emas kepada ke­pala sekolah, wakil kepala sekolah, staf, guru dan karyawan yang telah me­ngabdi selama 35 tahun, 25 tahun, dan 15 tahun. Sekolah juga memberikan me­dali dan beasiswa kepada siswa Su­tomo yang berprestasi nasional dan in­ternasional seperti di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan perlombaan internasional di bidang biologi, astrono­mi maupun olahraga basket.