INFORMASI

YAYASAN PERGURUAN SUTOMO MEDAN sampai saat ini tidak mendirikan atau mengelola UNIVERSITAS apapun, jadi hanya mulai dari PG-TK-SD-SMP-SMA saja. Jika ada pihak-pihak diluar yang mengatasnamakan YAYASAN PERGURUAN SUTOMO dalam mengelola UNIVERSITAS itu jelas bahwa pihak-pihak tersebut bukan dari YAYASAN PERGURUAN SUTOMO.  Demikian disampaikan agar maklum.

Prestasi Internasional

Adrian Nugraha UtamaMedan, (Analisa). Untuk kesekian kalinya prestasi terbaik ditorehkan oleh siswa SMA Sutomo 1 Medan dalam ajang International Physics Olympiad (IPhO) ke -43 yang berlangsung di Estonia, 15-24 Juli 2012. Tahun ini prestasi tersebut diraih oleh Adrian Nugraha Utama.

Event ini merupakan event Internasional resmi yang paling bergengsi di bidang ilmu Fisika dunia, dimana semua siswa peserta merupakan hasil seleksi dari masing-masing negara sebelum tampil di ajang IPhO tersebut."Keberhasilan siswa Sutomo pada ajang IPhO ini membuktikan prestasi nyata dari kita. Bukan tahun ini aja siswa Sutomo bisa berhasil medali emas. Sejak puluhan tahun lalu, siswa kita terus meraih emas pada ajang yang bertaraf Internasional," ujar Kepala Sekolah SMA Sutomo 1 Medan, Ir Khoe Tjok Tjin kepada Analisa, Kamis (2/8).

Sebelum keberhasilan Adrian, tercatat pada tahun 2009, Ady Suwardi juga berhasil meraih emas pada ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA), begitu juga dengan Rudi Handoko Tanin yang dua kali meraih emas pada ajang APhO di Shanghai, China tahun 2007 dan ajang IPhO di Hanoi, Vietnam tahun 2008.

Selengkapnya...

Prestasi terbaik kembali ditorehkan oleh siswa Indonesia pada ajang International Physics Olympiad (IPhO) ke-43 yang berlangsung di Estonia, 15 – 24 Juli 2012 dan harus bersaing dengan 84 negara peserta lainnya. Tim Indonesia (TOFI) berhasil meraih satu medali emas,  satu medali perunggu, dan tiga perolehan Honorable Mention. Kemenangan ini menunjukkan bahwa tim Indonesia mampu berbicara banyak dalam bidang ilmu fisika di tingkat internasional dan keberhasilan mereka memberi dampak positif bagi siswa-siswa SMA seluruh Indonesia untuk lebih mencintai ilmu tersebut.

Kedatangan tim disambut oleh Kasi Kelembagaan Dra. Hastuti Mustikaningsih dan Kasi Peserta Didik Arfah laidiyah Razik SH MA di ruang kedatangan internasional Bandara Soekarno Hatta, Rabu (25/07) malam. Satu-satunya medali emas berhasil diraih oleh Adrian Nugraha Utama, siswa SMA Sutomo I Medan. Sedankan satu perunggu diraih oleh Luqman Fathurrahim siswa dari SMAN Sragen Bilingual Boarding School, Jawa Tengah. Dan tiga penghargaan lainnya berupa Honorable Mention masing-masing di raih oleh Ramadhiansyah siswa SMAN 78 Jakarta, I Made Gita Narendra Kumara siswa SMA Bali Mandara, dan Werdi Wedana Gunawan dari SMAN 4 Denpasar.

 

Selengkapnya...