INFORMASI

YAYASAN PERGURUAN SUTOMO MEDAN sampai saat ini tidak mendirikan atau mengelola UNIVERSITAS apapun, jadi hanya mulai dari PG-TK-SD-SMP-SMA saja. Jika ada pihak-pihak diluar yang mengatasnamakan YAYASAN PERGURUAN SUTOMO dalam mengelola UNIVERSITAS itu jelas bahwa pihak-pihak tersebut bukan dari YAYASAN PERGURUAN SUTOMO.  Demikian disampaikan agar maklum.

Sejarah

Pada tanggal 25 Februari,1958,tiga tokoh masyarakat masing-masing Soo Lean Tooi, Oei Moh Toan dan Kho Peng Huat ( Hadi Kusuma ) memprakarsai pembentukan suatu yayasan yang bergerak di bidang pendidikan. Niat ini timbul karena menyadari bahwa :

  • Masyarakat kota Medan pada saat itu membutuhkan sebuah wadah yang dapat menyelenggarakan pendidikan sesuai dengan sistem Pendidikan Nasional yang berazaskan Pancasila dan UUD 1945.
  • Mereka berkeinginan berpartisipasi secara aktif untuk menunjang program pemerintah pada program pendidikan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan susunan Pengurus Yayasan Perguruan Sutomo pada saat itu :

Penasehat : Soo Lean Tooi
Ketua : Oei Moh Toan
Bendahara : Tan Wee Beng (Bengawan Tantono)
Pengawas Pendidikan : Kho Peng Huat (Hadi Kusuma)
Pemeriksa ADM      : Ng Khai Seng

Seiring berjalannya waktu, Perguruan Sutomo telah banyak mengalami perubahan, begitu juga dengan susunan Pengurus Yayasan Perguruan Sutomo. Para pendiri Yayasan Perguruan Sutomo dan mantan Pengurus Yayasan Perguruan Sutomo sebagaian besar telah mendahului kita. Namun semangat dan cita-cita luhur mereka tidak hilang seiring dengan kepergian mereka, tetapi sebaliknya semangat dan tekad beliau-beliau tetap bergema dalam hati sanubari Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Perguruan Sutomo saat ini.