SELAMAT DATANG DI PG-TK SUTOMO 1
BERITA KEGIATAN
Kegiatan Bertanam Sayuran PG-TK Sutomo 1
12 Aug 2019

Bertanam sayuran telah menjadi salah satu kegiatan tahunan di PG-TK Sutomo 1, dimana kegiatan tersebut dibagi menjadi 2 jenis kegiatan bertanam sayur yang disesuaikan dengan kelompok usia TK A dan TK B.

Jenis kegiatan yang pertama dilaksanakan siswa kelompok TK A, yaitu menanam sayuran sistem konvensional yaitu dengan media tanah. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari menyiapkan polybag, pengisian tanah, penanaman benih, penyiraman sampai pada pemanenan. Dipilih jenis sayuran yang berumur pendek antara 30 – 45 hari dari tanam sampai panen.

Jenis kegiatan yang kedua dilaksanakan siswa kelompok TK B, yaitu menanam sayuran dengan sistem hidroponik yaitu bertanam sayur dengan media tanpa tanah, dalam hal ini digunakan air yang diberi larutan nutrisi.  Kegiatan ini dilaksanakan oleh siswa kelompok B, mulai dari menyemai benih di rockwool, pemindahan tanaman dari tray ke netpot,  pengamatan dan pemanenan. Dipilih jenis sayuran yang berumur pendek antara 30 – 45 hari dari tanam sampai panen.

Dengan pernah dilakukannya ke 2 jenis sistem penanaman sayuran tersebut (siswa TK A bertanam dengan media tanah dilanjutkan di TK bertanam B dengan media non tanah), siswa mendapatkan wawasan yang berkelanjutan dan lebih luas tentang sistem penanaman yang berbeda antara bertanam dengan media tanah maupun media tanpa tanah.