Tingkat Nasional, SMP Sutomo Wakili Sumut

Siswa SMP Sutomo berhasil menobatkan diri sebagai juara pertama dalam lomba Cerdas Cermat tingkat SMP se-Kota Medan yang diselenggarakan UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara, Kamis dan Jumat (26-27/7),  berlangsung di Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

Tim ini sekaligus menjadi wakil Provinsi Sumatera Utara dalam lomba Cerdas Cermat Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada 3 hingga 7 September mendatang di Jakarta.

Dalam lomba tersebut, SMP Muhammadiyah 01 Medan berhasil menduduki peringkat dua dan SMPN 6 peringkat ketiga.

Selain itu, tiga sekolah lainnya  meraih juara harapan I yakni, SMP Wiyata Dharma, juara II SMPN 16, dan  harapan III SMP Sultan Iskandar Muda.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Dr Ir Hidayati MSi, melalui Kepala UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara, Martina Silaban, di hadapan para peserta, para guru sejarah maupun undangan lainnya saat membuka kegiatan mengungkapkan, tujuan utama lomba tersebut bukanlah mencari siapa yang paling unggul dan berprestasi, namun lomba ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk melatih para siswa agar lebih berani dan kreatif.

Sekaligus untuk menambah pengalaman dan wawasan di bidang kebudayaan dan permuseuman.

Museum adalah corong budaya dan sejarah bangsa yang dapat dijadikan media pembelajaran sekaligus objek destinasi bagi berbagai kalangan.

Di kesempatan itu, Martina juga menyampaikan lomba cerdas cermat yang diikuti 13 SMP di Kota Medan itu merupakan realisasi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Museum Nasional Indonesia.

Dalam lomba tersebut menghadirkan dewan juri, Dra Sri Hartini MSi yang kini menjabat Kepala Museum Perkebunan yang juga mantan Kepala UPT Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara, Lucas Partanda Koestoro DEA dan Dr Erond L Damanik MSi.

“UPTD Museum Negeri Sumut ini juga sudah pernah mengikutsertakan para siswa SMP dalam lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP di Jakarta pada 2016 dan 2017. Namun seleksi langsung ke daerah-daerah guna menyaring peserta yang akan bertanding di tingkat nasional baru tahun 2018 ini,” pungkasnya.