PENGUMUMAN :
SELAMAT DATANG DI SD SUTOMO 1 | : PENDAFTARAN MURID BARU SD SUTOMO 1 T.P. 2024/2025 [Info Selengkapnya]
BERITA PRESTASI
SD Sutomo 1 Juara Kompetisi Nasional Greenmech dan R4M 2021 Tingkat SD
22 Jan 2022

Pandemi telah membatasi kegiatan kita semua, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar terpaksa dilakukan dari rumah. Akan tetapi, pandemi tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk terus belajar dan berprestasi. 

Pada bulan Desember 2021 yang lalu, adanya kompetisi  Greenmech dan R4M tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Rumah Edukasi secara online. Kompetisi Greenmech dan R4M ini pertama kali diikuti oleh SD Sutomo 1 pada tahun 2019 dan berhasil mendapatkan juara 1 tingkat nasional untuk R4M SD dan juara 2 tingkat internasional di Tai Chung, Taiwan dengan membawa nama negara kita, Indonesia. Pada tahun 2020, kompetisi Greenmech dan R4M yang telah diselenggarakan di tingkat regional terpaksa dihentikan karena pandemi. Pada tahun 2021, kompetisi ini kembali diadakan secara online mengingatmasih pandemi. Untuk kompetisi Greenmech dan R4M 2021 ini terdapat 6 (enam) kategori lomba yang dapat diikuti siswa SD, yaitu : Greenmech Junior A, Greenmech Junior B, Greenmech, R4M (S4A), R4M (Microbit), Programmer junior dengan materi lomba yang berbeda-beda. Pada kesempatan ini, SD Sutomo 1 mengirimkan 3 (tiga) team dimana 1 team di Greenmech Junior A, 1 team di Greenmech Junior B, dan 1 team di R4M (S4A).

Setelah berakhirnya ujian semester ganjil pada tanggal 22 Desember 2021, di sekolah masih terlihat beberapa siswa yang sibuk mempersiapkan diri dalam mengikuti kompetisi nasional Greenmech dan R4M 2021. Pandemi tidak menyurutkan semangat mereka untuk terus berprestasi. Dengan tetap menjaga prokotol kesehatan yang ketat, siswa tersebut memanfaatkan waktu liburan semester ganjil mereka dengan berlatih dan menyiapkan diri untuk mengikuti kompetisi nasional tersebut. Mereka hendak dapat memenuhi kriteria kompetisi yang telah ditentukan dan mengirimkan video hasil kerja mereka sebelum tanggal 31 Desember 2021 pukul 12.00 WIB. Hal ini tentunya tidaklah mudah mengingat mereka hanya memiliki waktu kurang lebih seminggu untuk mempersiapkan itu semua. 

Dengan pembelajaran STEAM di sekolah mempermudah anak-anak untuk mengikuti kompetisi tersebut. Namun, mereka tidak hanya dituntut mampu membuat  rancangan alat tersebut, mereka juga dituntut mampu mengkomunikasikan dengan baik hasil rancangan alat tersebut dengan membuat satu cerita yang ada hubungannya dengan alat yang dibuatnya. Kompetisi Greenmech dan R4M ini sangat menantang dimana siswa tidak hanya dituntut kreatif, tangkas, dan pantang menyerah. Mereka juga harus mampu kerjasama dan berkomunikasi yang baik dengan teman satu teamnya. Tingkatan kelas dan bahasa yang berbeda bukan suatu kendala bagi mereka, anak-anak tetap dapat berkomunikasi dan bermain dengan gembira. Dengan dukungan dari orang tua, bimbingan dari guru pembimbing, semangat, kerja keras dan kerja sama yang baik dari anak-anak, akhirnya mengantar mereka untuk berprestasi di tingkat nasional.

Pada tanggal 8 Januari 2022, pengumuman pemenang kompetisi Greenmech dan R4M secara live di youtube. Kerja keras membuahkan hasil yang manis dengan memperoleh Gold Winner untuk semua team yang ikut berkompetisi tersebut. Hasil kerja siswa yang diikutsertakan dalam lomba tersebut dapat disaksikan pada video di bawah ini.

Selamat atas prestasi yang di raih oleh siswa SD Sutomo 1 yang telah berhasil meraih Gold Winner yaitu :

1.  “Gold Winner” Kategori Greenmech Junior A diraih oleh :

  • Winston Lawrence (Kelas 3B / 36461) 
  • Reinand Pang (Kelas 2B/ 37039) 

Dengan nama team Apollo-A

2.  “Gold Winner” kategori Greenmech Junior B diraih oleh :

  • Roderick Xavier Yusuf (Kelas 5B / 35040)
  • Collins Flynn Yap ( kelas P4-2 /35532)

Dengan nama team Apollo-B

3.  “Gold Winner” kategori R4M (S4A) SD diraih oleh :

  • Adrian Wang ( Kelas 6B / 34358)
  • Enzo Daniel Tanryo (Kelas 5C / 35059)

Dengan nama team Genesis 2.0