PENGUMUMAN :
SELAMAT DATANG DI SMA SUTOMO 1 | : LOWONGAN KERJA APRIL 2024
BERITA PRESTASI
Dua siswa SMA Sutomo 1 berhasil meraih Medali dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN)2023
20 Mar 2024

Dua siswa SMA Sutomo 1 berhasil meraih satu medali perunggu dan satu medali perak dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN)2023 tingkat SMA/MA yang digelar secara luring (offline) di Bogor, JawaBarat 28 Agustus sampai 2 September 2023 lalu.
Kedua siswa SMASutomo 1 tersebut yakni, Justin M Kimlim, siswa Kelas 12 dan GladysFemme, siswa Kelas 12.

Justin berhasil meraih medali perunggu bidang Astronomi dan Gladys berhasil meraih medali perak untuk bidang Kimia. Kepada wartawan, Selasa (5/9), keduanya yang didampingi Kepala Sekolah SMA Sutomo 1, Ir Khoe Tjok Tjin mengatakan bahwa secara keseluruhan mereka bangga masih bisa menyumbangkan medali untuk Sumatera Utara.
Ini pertama OSN kembali digelar secara offline pasca pandemi Covid-19. Secara keseluruhan mungkin mereka masih belum menyesuaikan situasi karena tiga tahun sebelumnya ,ujian dilaksanakan secara online,′ujar Khoe Tjok Tjin. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa untuk OSN 2023, ada sembilan siswa SMA Sutomo 1 yang mewakili Sumut ke tingkat Nasional.
Sembilan siswa itu dua bertanding di bidang Kimia, dua Astronomi, dua Komputer, dua Fisika dan satu bidang Matematika. Dari sembilan itu, satu meraih medali perunggu dan satu medali perak. Memang dampak Covid-19 ada terjadi perubahan kualitas. Ke depan ini akan kita evaluasi lagi dan kita tingkatkan lagi prestasi siswa kita,′ ujar KhoeTjok Tjin.
Pematangan materi maupun soal-soal ujian juga akan diberikan kepada siswa. Termasuk dalam hal praktik. Apalagi dalam waktu dekat, kedua siswa tersebut juga akan mengikuti event internasional yakni International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) dan International Chemistry Olympiad (IChO).

Justin dalam kesempatan itu mengatakan bahwa ini tahun keduanya ikut OSN. ′Tahun lalu saya ikut juga. Cuma belum berhasil dapat medali. Tahun ini dapat perunggu,′ujarnya. Kendala yang dihadapinya adalah kondisi tempat praktik yang belum ia kuasai.
Sementara Gladys mengatakan bahwa ini pertamanya ia mengikuti OSN.′Pertama kalinya dan langsung dapat perak. Mudah-mudah bisa melakukan persiapan lagi untuk ke ajang internasional,′ujarnya.